Keilmuan teknik mesin tidak terlepas dari kemampuan dasar yang harus dimiliki agar dapat menyelesaikan permasalahan di bidang ilmu teknik mesin. Salah satu dasar yang harus diketahui adalah besaran-besaran fisis digunakan dalam teknik mesin. Besaran-besaran fisis tersebut dipelajari melalui Fisika Dasar. Fisika Dasar II merupakan kelanjutan dari Fisika Dasar I, tetapi dengan kompetensi yang berbeda. Fisika Dasar II akan mempelajari sifat  fisis yang berhubungan dengan temperatur, perpindahan energi, perubahan fasa, energi dalam, hukum termodinamika, aplikasi hukum termodinamika, gaya listrik, medan listrik medan magnet, arus searah, arus bolak-balik, tahanan, kapasistansi, induktansi, impedansi, beda fasa tegangan dengan arus, aplikasi medan magnet pada motor dan generator listik. Dengan menyelesaikan Fisika Dasar II diharapkan mahasiswa membawa bekal yang cukup untuk melanjutkan ke bidang teknik mesin

Perpindahan Panas II merupakan kelanjutan dari Perpindahan Panas I. Apabila pada Perpindahan Panas I kita mempelajari tentang konduksi, maka di Perpindahan Panas II ini kita akan mempelajari Konveksi dan Radiasi. Perpindahan kalor konveksi adalah salah satu mekanisme perpindahan kalor yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Perpindahan kalor konveksi terjadi karena adanya gradien suhu, namun mekanismenya sedikit berbeda dengan perpindahan kalor konduksi yang juga terjadi akibat adanya gradien suhu. Peristiwa konveksi dapat dibagi menjadi dua, yakni konveksi alami dan konveksi paksa. Konveksi alami dipengaruhi oleh berbagai macam faktor,yang nantinya dapat mempengaruhi nilai laju kalor. Dalam konveksi alami,sejumlah bilangan-bilangan tak berdimensi diperkenalkan dan digunakan untuk mempermudah analisis laju kalor. Sedangkan pada Radiasi. kita akan mempelajari proses terjadinya perpindahan panas (kalor) tanpa menggunakan zat perantara. Perpindahan kalor secara radiasi tidak membutuhkan zat perantara, contohnya anda bisa melihat bagaimana matahari memancarkan panas ke bumi dan api yang memancarkan hangat ke tubuh anda. Kalor dapat di radiasikan melalui bentuk gelombang cahaya, gelombang radio dan gelombang elektromagnetik. Radiasi juga dapat dikatakan sebagai perpindahan kalor melalui media atau ruang yang akhirnya diserap oleh benda lain. Contoh radiasi dalam kehidupan sehari-hari dapat anda lihat saat anda menyalakan api unggun, anda berada di dekat api unggun tersebut dan anda akan merasakan hangat.

Mata kuliah ini memuat tentang bagaimana menbuat sebuah keputusan (decision making) dimana dibatasi oleh ragam permasalahan yang berhubungan dengan seorang engineer sehingga menghasilkan pilihan yang terbaik dari berbagai alternatif pilihan. Keputusan yang diambil berdasarkan suatu proses analisa, teknik dan perhitungan ekonomi. Alternatif-alternatif timbul karena adanya keterbatasan dari sumber daya (manusia, material, uang, mesin, kesempatan,dll). Dengan berbagai alternatif yang ada tersebut maka diperlukan sebuah perhitungan untuk mendapatkan pilihan yang terbaik secara ekonomi, baik ketika membandingkan berbagai alternatif rancangan, membuat keputusan investasi modal, mengevalusai kesempatan finansial dll. Analisa ekonomi teknik melibatkan pembuatan keputusan terhadap berbagai penggunaan sumber daya yang terbatas. Konsekuensi terhadap hasil keputusan biasanya berdampak jauh ke masa yang akan datang, yang konsekuensinya itu tidak bisa diketahui secara pasti , merupakan pengambilan keputusan dibawah ketidakpastian.

Selamat datang di Mata Kuliah Thermodinamika Teknik 1. Mata kuliah ini merupakan dasar mata kuliah perminatan (Termodinamika Teknik yang membahas tentang : definisi dan konsep dasar termodinamika, energi dan perpindahan Energi, hubungan p-v-t dan sifat-sifat zat murni kompresibel sederhana, pengertian energi dan hukum pertama termodinamika (sistem tertutup), massa dan analisis energi untuk volume atur (sistem terbuka), hukum termodinamika II, entropi.i. Adapun format penyajian modul pembelajaran pada Mata Kuliah ini yaitu menggunakan E-Book, Video, Audio, Link ke berbagai sumber belajar, Chart OHP/Infokus, Laptop, Buku , Slide Pembelajaran dalam bentuk SCORM, catatan-catatan perkuliahan yang sudah kami sediakan di dalam Folder. Selain itu, disediakan juga forum diskusi agar anda dapat berdiskusi dan saling bertukar pikiran dalam mempelajari materi ini. Oleh karena itu silahkan mengupdate flash player terlebih dahulu disini. Di setiap akhir sesi, akan diberikan kuis dan tugas untuk mengukur kemampuan anda dalam menguasai materi. Agar Anda dapat mengikuti perkuliahan dengan baik, simaklah terus forum berita dan kalender untuk mengetahui jadwal dalam mengakses Tugas, Kuis, UTS dan UAS maupun berita perkuliahan lainnya.