Mata Kuliah ini akan mempelajari Tentang analisa struktur atas struktur statis tertentu dan menentukan titik berat, Penguraian Gaya, Analisa Kesetimbangan Benda dan momen inersia benda pejal secara benar dengan menggunakan prinsip – prinsip mekanika statis.

Mata kuliah Rekayasa pondasi I berisi tentang materi penyelidikan tanah untuk pondasi dangkal, perbedaan pondasi dangkal dan pondasi dalam, model-model keruntuhan pondasi dangkal pada berbagai jenis tanah, kapasitas dukung pondasi baik yang mendukung beban sentris maupun eksentris baik secara statis yaitu yang berdasarkan data karakteristik tanah maupun dari hasil uji dilapangan berupa CPT dan SPT. Pengaruh muka air tanah juga harus diperhitungkan terhadap kapasitas dukung. Selain itu juga dalam mata kuliah ini akan dipelajari penurunan-penurunan yang terjadi pada pondasi dangkal pada berbagai jenis tanah dan kondisi serta yang terakhir adalah perencanaan pondasi dangkal berdasarkan data lapangan dan data laboratorium.  Semua bahasan tersebut dibagi dalam 4 (empat) pokok utama pembelajaran yaitu :

Bab 1. Penyelidikan tanah unutk pondasi dangkal

Bab 2. Kapasitas Dukung

Bab 3. Penurunan

Bab 4. Perancangan pondasi dangkal.

Metode Perkuliahan diberikan dalam bentuk tatap muka, pre test, post test, aktivitas kelas, terstruktur dan tugas mandiri serta ujian tengah semester dan ujian akhir semester.

Mata Kuliah Rekayasa Pondasi I diselenggarakan dalam 14 kali tatap muka terjadwal dalam 1 semester yang dapat dilakukan apabila telah lulus dalam mata kuliah Mekanika Tanah 2. Ujian dilakukan 2 kali  yaitu Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester yang materinya mencakup keseluruhan mata kuliah Rekayasa Pondasi I dengan tujuan untuk mengevaluasi tingkat kemampuan mahasiswa terhadap penguasaan materi Rekayasa Pondasi I yang telah diberikan.