Matakuliah penulisan karya ilmiah bertujuan memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan sehingga menghasilkan satu karya tulis yang berkualitas dengan cara yang benar. Mata kuliah ini membahas jenis-jenis karya ilmiah, cara menyusun karya tulis, dan praktik membuat karya tulis

Mata kuliah ini sebagai persiapan mahasiswa membuat penelitian untuk tugas akhir/ skripsi
Ringkasan MK :
Matakuliah ini berisi konsep pengertian, jenis, ciri, fungsi dari Model, Pendekatan, Strategi, dan Metode, Membedakan Paradigma Pengajaran dan Pembelajaran, Model-model Pengajaran, Model-model Pembelajaran, Pendekatan dan Metode Pembelajaran, Merancang perangakat pembelajaran/Implementasi Model Pembelajaran.
Mata kuliah PendidikanIPA di SD merupakan mata kuliah keahlian bidang studi pada program S-1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan status mata kuliah wajib. Bobot mata kuliah ini 4 SKS. Mata kuliah ini membahas mengenai membelajarkan ilmu pengetahuan alam pada siswa SD. Secara garis besar, lingkup bahasan pada mata kuliah ini mencakup pengenalan mengenai (1) Hakekat IPA sebagai produk dan proses. Teori belajar berdasarkan perkembangan intelektual siswa SD, (2) Merumuskan tujuan pembelajaran IPA berdasarkan taxonomy Bloom, (3) Keterampilan berpikir siswa SD melalui keterampilan proses sains (Ranah Psikomotorik) dan sikap ilmiah (Ranah Afektif), (4) Analisis Buku Siswa dan Guru SD Kurikulum 2013, (5) Media Pembelajaran IPA di SD , (6)Mind Mapping, Concept Mappingdan Picture Mapping dalam pembelajaran IPA (7). Merancang LKS pembelajaran IPA (8) Metode dalam pembelajaran IPA dan alat evaluasi (9) Asesmen, Penilaian dan portofolio dalam pembelajaan IPAAsesmen, Penilaian dan portofolio dalam pembelajaan IPA (10) Perencanaan pembelajaran IPA di SD (11) Simulasi pembelajaran IPA pada siswa SD.Dengan mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu merencanakan pembelajaran IPA serta dapat mengaplikasikan dalam pembelajarannya di sekolah dasar
Ringkasan MK
Melalui perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan atau penganalisisan data dan penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisisan yang dilakukan. Selain itu, diharapkan akan berdampak pada mahasiswa dapat mengidentifikasi pentingnya statistika di bidang Pendidikan Sekolah Dasar