Ringkasan MK PPL I/Mikro Teaching
Pendahuluan
Pembelajaran merupakan suatu proses yang komplek, dalam pembelajaran menyatukan komponen-komponen pembelajaran secara terintegrasi, antara lain seperti: tujuan pembelajaran atau kompetensi yang harus dicapai siswa, materi yang akan menjadi bahan ajar bagi siswa, metode, media dan sumber pembelajaran, evaluasi, siswa, guru dan lingkungan pembelajaran lainnya. Setiap unsur pembelajaran tersebut masing-masing memiliki karakteristik yang khusus dan antara satu komponen dengan komponen lainnya saling terkait dan mempengaruhi dalam suatu proses pembelajaran secara untuk mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi yang diharapkan.
Ketika Anda sebagai seorang guru berdiri di depan kelas melaksanakan kegiatan pembelajaran, tidak cukup hanya dengan telah dikuasainya materi pembelajaran yang harus disampaikan kepada siswa. Akan tetapi masih banyak tuntutan lain yang harus dikuasai oleh setiap guru yaitu mengelola seluruh unsur pembelajaran yang telah disebutkan di atas, agar berinetraksi dengan siswa sehingga memudahkan siswa mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Disinilah letaknya pembelajaran merupakan suatu proses yang komplek.
Salah satu upaya untuk mempersiapkan kemampuan para mahasiswa calon guru atau untuk meningkatkan kemampuan para guru dalam menghadapi tugas pembelajaran yang serba komplek itu, dapat dilakukan melalui suatu proses latihan atau pembelajaran dengan menggunakan model atau pendekatan pembelajaran yang lebih disederhanakan atau yang lebih populer disebut dengan pembelajaran mikro (micro teaching).

Kompotensi yang dicapai
Setelah selesai mempelajari bahan ajar ini, Anda dapat memiliki kemampuan-kemampuan sebagai berikut:
1. Dapat menjelaskan latar belakang pembelajaran mikro sebagai salah satu pendekatan atau model pembelajaran.
2. Dapat menganalisis beberapa pengertian pembelajaran mikro sebagai dasar untuk menunjang kelancaran proses pembelajaran mikro
3. Dapat menjelaskan tujuan dan manfaat pembelajaran mikro sebagai salah satu pendekatan atau model pembelajaran untuk mempersiapkan dan meningkatkan kemampuan guru yang profesional
Untuk membantu Anda memperluas wawasan dan pemahaman mengenai hakikat pembelajaran mikro, maka dalam bahan ajar satu ini akan dibahas topik-topik sebagai berikut:
1. Latar belakang pembelajaran mikro, yaitu mengungkap mengenai latar belakang pembelajaran mikro sebagai salah satu pendekatan dalam mempersiapkan, membina dan meningkatkan kemampuan calon guru secara lebih profesional.
2. Pengertian pembelajaran mikro, yaitu menjelaskan beberapa pengertian (batasan) pembelajaran mikro, agar terlebih dahulu dikuasai teori-teori sebagai dasar untuk membimbing Anda dalam mempraktekkan kemampuan mengajar melalui pendekatan atau model pembelajaran mikro.
3. Tujuan dan manfaat pembelajaran mikro. yaitu membahas dan mengidentifikasi tujuan-tujuan dan beberapa manfaat yang akan diperoleh melalui pembelajaran mikro bagi penyiapan dan peningkatan profesionalisme guru.