Ringkasan MK
Dewasa ini makin banyak penelitian dilakukan di berbagai bidang baik yang dilakukan oleh perorangan atau kelompok perorangan, maupun yang bertindak sendiri-sendiri, ataupun atas nama lembaga/institusi dan lain sebagainya. Salah satu hal yang terasa sangat penting sehubungan dengan penelitian yang dilakukan ialah cara-cara bagaimana data harus didapat, disajikan, dianalisis dan disimpulkan. Ternyata bahwa untuk ini diperlukan pengetahuan tersendiri yang dikenal dengan statistika dan untuk maksud-maksud tersebut itulah modul ini ditulis.
Dalam modul ini telah diusahakan diberikan metode statistika yang penyajiannya dibuat sedemikian rupa sehingga para peakai yang berkecimpung dalam berbagai disiplin dapat memperoleh manfaatnya. Disamping itu modul ini juga akan merupakan bahan pelajaran statistika yang menjadi dasar untuk pelajaran yang lebih lanjut.
Pembahasan mata kuliah ini diawali dengan membahas peranan statistika dalam kehidupan sehari-hari, konsep statistika dan statistik, data, skala pengukuran data serta populasi dan sampel. Langkah berikutnya adalah membahas cara-cara penyajian data , ukuran pusat, letak dan dispersi dan dilanjutkan dengan membahas distribusi peluang dan sampling. Sesudah itu akan dipelajari teori pengambilan keputusan dalam statistika yang diawali dengan pengujian hipotesis, lalu dilanjutkan dengan analisis regresi baik regresi sederhana maupun regresi berganda dan diakhiri dengan pembahasan mengenai analisis korelasi.