Pemuliaan pohon hutan (Forest Tree Improvement) adalah penerapan genetika hutan di dalam praktek. Biasanya dalam pelaksanaannya dilakukan dengan jalan melakukan uji berbagai tipe alam (wild types) dan menentukan tipe mana yang paling baik tumbuh bila di tanam pada tempat tertentu.
Prinsip-prinsip dasar genetika bagi pohon, manusia dan hewan adalah sama, tetapi pola pewarisan sifat (inneritance) dan metode eksperimentasinya sangatlah berbeda. Dengan demikian genetika hutan merupakan disiplin ilmu tersendiri, yang memiliki masalah-masalah tersendiri.
Genetika adalah ilmu dasar yang mempelajari penyebab kemiripan dan perbedaan antar organism terhadap keturunannya. Ilmu ini juga mempelajari pengaruh gen dan lingkungan. Apabila ilmu dasar genetika diterapkan pada pemuliaan pohon, maka upaya ini dapat disebut sebagai penangkaran pohon hutan (forest tree breeding) atau pemuliaan pohon hutan (forest tree improvement).
Genetika hutan adalah studi variasi sifat-sifat pohon hutan yang diwariskan oleh induknya. Perbedaan sifat-sifat yang diwariskan disebabkan oleh gen atau sitoplasma di dalam sel. Sifat-sifat tersebut ditentukan pada waktu biji dibentuk, dan di dalam pengertian ini berlawanan dengan perbedaan-perbedaan yang disebabkan oleh faktor lingkungan.

Tim Mengajar
Wilhelmina Seran, S.Hut, M.Si
Mamie Elsyana Pellondo'u, S.Hut, M.Sc