Dalam kurikulum berbasis kompetensi, maka Mata kuliah Metode Ilmiah diharapkan mampu membentuk kompetensi mahasiswa dalam ranah memiliki keterampilan melakukan penelitian ilmiah secara baik dan benar serta mampu mengaplikasi prinsip-prinsip metode ilmiah untuk solusi masalah budidaya pertanian umumnya dan budidaya pertanian lahan kering yang berkelanjutan. Pencapaian kompetensi tersebut dilakukan melalui proses belajar-mengajar mahasiswa yang menitikberatkan dan menempatkan mahasiswa sebagai pusat pembelajaran dan sekaligus sebagai peserta didik yang dewasa. Konsekuensinya adalah mahasiswa harus partisipasi aktif dalam proses pembelajaran tersebut. Proses partisipasi aktif mahasiswa diwadahi melalui metode belajar mengajar Problem Based Inquiry Learning dan Discovery Learning; dalam wujud teknis mengerjakan Lembar Kerja Mahasiswa. Metode-metode tersebut diatas, dilakukan dan berpedoman pada ragam acuan yang relevan dan sesuai serta materi bahan ajar dalam bentuk modul-modul ini.
Dalam tata urutan isi materi kuliah yang akan dipelajari mahasiswa, pada bagian awal materi-materi umum dalam ranah memahami metode ilmiah, kemudian pada bagian tengahnya adalah materi-materi yang ditujukan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa menggunakan metote ilmiah dan keterampilan menulis rencana penelitian; keterampilan melakukan pelaksanaan penelitian khususnya penelitian-penelitian yang sifatnya eksperimental serta keterampilan menulis laporan hasil penelitian. Materi-materi pada bagian akhir adalah materi-materi yang menjelaskan tentang etika ilmiah dalam kegiatan kegiatan ilmiah serta petunjuk teknis, format dan substansi proposal dan laporan penelitian yang dianuti lembaga.
Dalam modul bahan ini, mahasiswa dapat lebih memperdalam pemahaman materi kuliah secara mandiri, dengan mempelajari acuan-acuan yang direkomendasikan dosen seperti tertera pada bagian akhir atau penutup dari setiap modul. Mahasiswa dapat juga menguji penguasaan materi kuliah yang telah dipelajari dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan latihan pada bagian akhir dari setiap modul materi kuliah.