GARIS BESAR MATAKULIAH
1. Tujuan Pembelajaran :
a. Standar Kompetensi: menghasilkan lulusan yang unggul, kompetitif, mandiri, dan beretika serta dapat menjelaskan dan menerapkan ilmu dan pengetahuan tentang cuaca/iklim dalam berbagai aktivitas pertanian dalam kehidupan masyarakat dan pengembangan ipteks.
b. Kompetensi Pendukung: menumbuhkembangkan dan meningkatkan kemampuan berdiskusi, komunikasi ilmiah (penyusunan dan presentasi karya ilmiah), kerjasama kelompok, tanggung jawab, kejujuran, dan daya analisis untuk mengatasi berbagai permasalahan dan berinteraksi antardisiplin ilmu sekaligus dalam rangka mensosialisasikan metode pembelajaran berbasis SCL melalui ceramah, diskusi, dan presentasi karya (makalah) ilmiah.
2. Kompetensi yang akan dicapai :
Kompetensi Utama: agar mahasiwa mempunyai kompetensi keilmuan (dasar-dasar agroklimatologi) dalam bidang cuaca/iklim untuk pertanian, khususnya pengaruh cuaca/iklim terhadap produksi pertanian, baik secara lokal, nasional, maupun internasional dan mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip klimatologi dalam bidang pertanian untuk memecahkan kendala-kendala cuaca/iklim dalam rangka meningkatkan produksi pertanian serta mampu mengaplikasi pengetahuan yang diperoleh dalam sebuah kegiatan praktikum baik di laboratorium maupun di lapang.
3. Konsep Matakuliah :
Dalam matakuliah ini mahasiswa akan mempelajari klimatologi dan meteorologi; hubungan cuaca/iklim dan kehidupan manusia; unsur dan faktor pengendali cuaca/iklim; radiasi surya dan tanaman; suhu udara dan tanaman; suhu tanah dan tanaman; air dan tanaman; dan angin dan tanaman
4. Isi Matakuliah :
a. Menjelaskan dan menerangkan sejarah, hakekat, peranan, prinsip, manfaat, dan perkembangan agroklimatologi.
b. Menjelaskan pentingnya mempelajari cuaca/iklim dalam pertanian.
c. Menyebutkan dan menjelaskan unsur dan faktor pengendali cuaca/iklim.
d. Menjelaskan prinsip dasar proses pembentukan cuaca/iklim.
e. Menjelaskan energi, hukum, dan spektrum radiasi surya dan bumi (RSB).
f. Menyebutkan dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi RS yang diterima di permukaan bumi.
g. Menjelaskan peranan RS dalam pertumbuhan tanaman
h Menjelaskan hukum perambatan bahang, inversi suhu, dan penyebaran suhu menurut tempat dan waktu, neraca bahang, suhu kardinal, suhu tanaman, kufisien suhu, dan hubungan antara suhu dan pertumbuhan tanaman.
i. Menjelaskan siklus air, evaporasi, transpirasi, dan evapotranspirasi (ET).
j. Menjelaskan pengukuran dan perhitungan ET.
k. Menjelaskan proses pembentukan dan tipe hujan.
l. Menjelaskan proses pembuatan hujan buatan.
m. Menghitung kebutuhan air tanaman dan efisiensi penggunaan air (EPA).
n. Menjelaskan pengertian dan tipe/jenis angin, pengukuran kecepatan angin, proses perpindahan dan profil angin, hubungan antara neraca energi dan suhu permukaan terhadap angin, dan pengaturan kecepatan angin.
5. Matakuliah prasyarat :
Tidak ada
6. Relevansi dengan matakuliah lain :
a. Klimatologi Dasar;
b. Fisika (Terapan/Lingkungan);
c. Dasar-dasar Agronomi;
d. Fisiologi Tumbuhan;
e. Dasar-dasar Ilmu Tanah;
f. Dasar-dasar Perlindungan Tanaman;
g. Aplikasi Teknologi Berwawasan Iklim Kering;
h. Pengelolaan Tanah dan Air;
i. Agrohidrologi.
7. Matakuliah berikutnya :
Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman.