Deskripsi Mata Kuliah

Statistika adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengumpulkan, menganalisis dan menginterpretasikan data. Atau dengan kata lain, statistika menjadi semacam alat dalam melakukan suatu riset empiris.

Dalam menganalisis data, para ilmuwan menggambarkan persepsinya tentang suatu fenomena. Deskripsi yang sudah stabil tentang suatu fenomena seringkali mampu menjelaskan suatu teori. (Walaupun demikian, orang dapat saja berargumentasi bahwa ilmu biasanya menggambarkan bagaimana sesuatu itu terjadi, bukannya mengapa). Penemuan teori baru merupakan suatu proses kreatif yang didapat dengan cara mereka ulang informasi pada teori yang telah ada atau mengesktrak informasi yang diperoleh dari dunia nyata. Pendekatan awal yang umumnya digunakan untuk menjelaskan suatu fenomena adalah statistika deskriptif.

MK ini menjadi penting bagi mahasiswa dalam proses pendalaman materi-materi perkuliahan selanjutnya yang cenderung kuantitatif, dan khususnya dalam penulisan tugas akhir [SKRIPSI]. Hal penting lainnya adalah kelak setelah kesarjanaan, pengetahuan yang diperoleh dari MK ini akan menjadi solusi dalam pengambilan keputusan.