Tujuan utama dari mata kuliah ini adalah membekali mahasiswa dengan berbagai kemampuan dalam membangun sistem multimedia melalui pemahaman akan konsep dari sub-sistem penyusunnya. Perkuliahan secara garis besar terbagi ke dalam 3 (tiga) pokok bahasan, yang terdiri dari: (i) Pengantar Teknik Tenaga Listrik; (ii) Pengantar Teknik Telekomunikasi; dan (iii) Pengantar Teknik Komputer, serta Sistem Kendali. 

Perkuliahan akan diawali dengan pemberian pengetahuan tentang dasar-dasar dan pengertian secara filosofis: ilmu keteknikan dan berkembangnya pendidikan teknik di berbagai belahan dunia. Pengertian tersebut meningkat kedalam bidang teknik elektro. Hingga perkembangannya sampai saat ini, utamanya dalam bidang Tenaga Listrik, Teknik Telekomunikasi dan Teknik Komputer dan Sistem Kendali.

Diharapkan dengan mengikuti perkulihan ini, mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan perkembangan ilmu teknik elektro hingga menjadi sebuah cabang bidang ilmu dalam rumpun teknik (engineering). Teknik elektro telah menjadi sebuah cabagn ilmu yang telah, sedang dan akan mengalami perkembangan yang akan mengubah paradigma kehidupan di muka bumi ini.