Deskripsi MK:                      

Manajemen strategik  pertama kali diperkenalkan pada awal dasawarsa enam puluhan, pada saat itu manejemen strategik mendapat  perhatian yang sangat luar biasa dari berbagai kalangan. Sebagian besar manajer,  baik ditingkat korporate maupun pada level teknis atau fungsional merasakan bahwa penggunaan konsep manajemen strategik dapat mengurangi ketidakpastian dan semakin kompleksnya masalah dalam dunia bisnis.

Dalam perkembangannya manajemen strategik melewati beberapa tahapan Ketika lingkungan bisnis cenderung stabil dan sesuai dengan kepentingan  perusahaan maka maka model dan konsep manajemen strategis bersifat sederhana. Hal ini ditandai oleh kegiatan-kegiatan yang hanya diarahkan pada upaya pemenuhan standar-standar operasional yang telah ditentukan terutama mengenai standar keuangan. Menghadapi persaingan bisinis yang semakin  kompetitif, seorang manajer  tidak hanya mampu memanejemeni kegiatan–kegiatan intern perusahaan saja. Executive modern juga perlu dan mutlak  menganggapi berbagai tantangan yang ditimbulkan dari lingkungan luar (extern), baik yang dekat (immediate) maupun yang jauh (remote). Kemampuan manjer  dalam menanggapi berbagai tantangan yang datang dari luar itu akan menciptakan daya saing yang kuat bagi perusahaan (competitive advantage).