Ringkasan MK1. Deskripsi Singkat
Modul ini akan membahas tentang jenis pasar yang akan dihadapi pelaku pasar dan bagaimana pengaruhnya dalam pembentukan harga yang terjadi pada setiap jenis pasar. Untuk lebih sederhana dan mudah dipahami oleh mahasiswa maka setiap jenis pasar akan dijelaskan dengan menggunakan grafik dan model pembentukan harga.
Metode yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dalam modul ini adalah ceramah, diskusi kelompok, tugas mandiri dan tes

2. Manfaat Topik yang dipelajari
Urutan materi dan kaitan antar materi ini dengan bab sebelumnya sangat penting yaitu sangat erat dimana adanya hubungan yang sangat kuat dimana pembentukan harga pasar atas dasar perhitungan biaya dan keuntungan. Sedangkan kaitan materi ini dengan materi selanjutnya adalah akan menjadi dasar bagi pembuat kebijakan dalam menetapkan harga produk pertanian agar tidak merugikan berbagai pihak yang terlibat pasar tersebut.

3. Kompetensi Khusus
Kompetensi khusus yang akan dicapai adalah setelah menyelesaikan modul ini mahasiswa akan dapat membedakan pasar berdasarkan pengaliran barang dan jumlah pembeli dan pembentukan harganya.
Pokok bahasa dalam modul ini adalah :
A. Pembagian pasar atas dasar proses pengaliran barang
B. Pembagian pasar atas dasar jumlah pembeli dan penjual
C. Jenis-jenis pasar dan pembentukan harga