1. Deskripsi Singkat
Modul ini akan membahas tentang beberapa pokok bahasan yang menjelaskan tentang peralatan untuk diferensiasi kompetitif, pemasaran yang terpadu atau integrated marketing dan strategi pemasaran yaitu strategi produk, strategi harga, strategi saluran distribusi dan strategi promosi. Modul ini sangat penting sebagai dasar pengetahuan dalam mengkaji modul-modul selanjutnya dan sebagai inti dari materi mata kuliah manajemen pemasaran yang dapar diterapkan langsung oleh mahasiswa jika usai dalam studi S1.
2. Manfaat Topik yang Dipelajari
Topik ini merupakan dasar dari modul-modul selanjutnya karena memuat tentang strategi produk, strategi promosi, strategi saluran distribusi dan strategi pemasaran. Konsep ini yang mendasari kebijakan pemasaran dan dalam pengelolaan pemasaran agribisnis secara professional. Apabila mahasiswa dapat memahami modul ini secara baik dan benar, maka modul-modul selanjutnya akan menjadi mudah.
3. Kompetensi Khusus
Kompetensi modul ini yaitu setelah mempelajari modul ini diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan strategi atau kiat-kiat tentang produk, staregi atau kiat-kiat tentang harga, strategi atau kiat-kiat tentang saluran distribusi dan strtegi atau kiat-kiat tentang promosi.
Pokok bahasan dalam modul ini yaitu:
A. Peralatan untuk diferensiasi kompetitif
B. Pemasaran yang terpadu atau integrated marketing
C. Strategi pemasaran atau strategi tataniaga
C.1 Strategi tentang produk
C.2 Strategi tentang harga
C.3 Strategi tentang saluran distribusi
C.4 Strategi tentang promosi
Untuk mempermudah pemahaman mahasiswa, maka metode yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar adalah ceramah, diskusi, tes pada akhir perkuliahan dan tugas di rumah.
RINGKASAN MK:
Perusahaan perlu membedakan siasat pemasaran dengandibandingkan dengan pesaing. Perbedaan yang dimaksud berupa produk, pelayanan, personil, saluran dan citra.Perbedaan/diferensiasi produk berupa keistimewaan, kualitas kinerja, keandalan, daya tahan, gaya dan rancangan. Service berkaitan dengan kemudahan pemesanan, pengiriman, pemasangan, pelatihan pelanggan, pemeliharaan dan perbaikan dan keamanan. Personil berkenaan dengan kerakter pribadi seperti kemampuan, sopan, dapat dipercaya, cepat tanggapdan komunikatif. Saluran berkenaan dengan jangkauan, keandalan serta membangun citra seperti latihan, media tertulia , audio visual dan acara-acara.
Dalam melakukan kegiatan pemasaran perlu adanya kegiatan pemasaran yang terpadu (integrated marketing),yang berfokus pada pelanggan atau konsumen. Kegiatan yang dimaksud adalah produk, harga, distribusi dan promosi (marketing mix) Keempat hal tersebut memerlukan koordinasi dari tiap-tiap bagian yang ada dalam suatu perusahaan agar perhatian tertuju pada pelanggan (konsumen) dan selanjutnya membangun hubungan tukar menukar yang baik dengan langgananatau konsumen. Dalam membangun hubungan tukar menukar dengan pelanggan, perlu ada srtrategi atau kiat-kiat seperti strategi produk, stretegi harga, strategi saluran distribusi dan strategi promosi.