DESKRIPSI SINGKAT MK. MOCROTEACHING

Dosen Pengasuh MK: I Wayan Sukarjita

Microteaching  bertujuan  untuk  membentuk  dan  mengembangkan  kompetensi dasar mengajar sebagai bekal praktek mengajar di sekolah / lembaga pendidikan dalam rangka menghadapi pekerjaan mengajar sepenuhnya di depan kelas dengan memiliki pengetahuan, keterampilan, kecakapan dan sikap sebagai guru yang profesional. Materi microteaching meliputi: memahami dasar-dasar pengajaran  mikro,  menyusun  rencana  pelaksanaan  pengajaran  (RPP), membentuk dan meningkatkan kompetensi keterampilan dasar mengajar terbatas, kompetensi keterampilan dasar mengajar terpadu, membentuk kompetensi kepribadian, dan membentuk kompetensi sosial.

 

Kompetensi Yang Dikembangkan

1.     Memahami dasar-dasar pengajaran mikro

2.     Menyusun rencana pelaksanaan pengajaran (RPP)

3.     Menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar

4.      Menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembentukan kemampuan

5.     Mempraktikkan langkah-langkah micro teaching (pengajaran mikro)

6.     Mempraktekkan keterampilan dasar mengajar secara terisolasi (terbatas)

7.     Mempraktekkan keterampilan dasar mengajar secara utuh dan terintegrasi

(terpadu)

8.     Mengevaluasi praktik Peerteaching/Microteaching

 

Indikator Pencapaian Kompetensi
1.  Aspek Kognitif dan Kecakapan Berpikir

a.  Mampu mendeskripsikan makna pengajaran mikro

b.  Mampu menganalisis prinsip-prinsip pengajaran mikro

c.  Mampu dan terampil menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

d.  Mampu dan terampil membuka dan menutup pelajaran

e.  Mampu dan terampil memberi pertanyaan (menguasai teknik bertanya) dalam pembelajaran.

f.    Mampu dan terampil menjelaskan informasi secara sistematis dan menarik dalam pembelajaran.

g.  Mampu dan terampil memberikan penguatan dalam pembelajaran. h.  Mampu dan terampil menggunakan media dan alat pembelajaran

i.   Mampu dan terampil menyusun skenario pembelajaran

j.    Mampu dan terampil menggunakan bahasa, penampilan, gerak, dan waktu selang dalam pembelajaran

k.  Mampu dan terampil mengadakan variasi dalam pembelajaran l.   Mampu dan terampil membimbing diskusi dalam pembelajaran m. Mampu dan terampil mengelola kelas dalam pembelajaran

n.  Mampu dan terampil melakukan evaluasi dalam pembelajaran


2.  Aspek Psikomotor

a.  Mampu  berdiri  di  depan  kelas  dengan  percaya  diri  dan  menarik  dalam pembelajaran

b.  Mampu memelihara kontak pandang dengan seluruh siswa di kelas dalam pembelajaran

c.  Mampu  memberikan  penguatan  menggunakan  mimik  dan  ekspresi  yang empatik dalam pembelajaran

d.  Mampu  memberikan  penguatan  melalui  gerakan  badan  yang  wajar  tidak berlebihan dalam pembelajaran

e.  Mampu memberi penguatan dengan mendekati siswa dalam pembelajaran

f.    Mampu  berkomunikasi  dengan  isyarat  verbal  maupun  non-verbal  dalam pembelajaran

g.  Mampu memberikan vocal atau suara yang jelas dalam pembelajaran

h.  Mampu mengendalikan diri dan tidak terkesan terburu dalam pembelajaran

i.    Mampu mengendalikan gerakan yang memberikan penguatan negatif dalam pembelajaran

j.    Tidak  menyakiti  siswa  dengan  memukul  dan  gerak  fisik  lainnya  dalam pembelajaran

k.  Mampu memproduksi media dan alat pelajaran sendiri dalam pembelajaran

l.    Mampu mendemonstrasikan pengoperasian alat atau gerakan pokok dalam mengerjakan tugas fisik dalam pembelajaran.

3.  Aspek Affektif, Kecakapan Sosial dan Personal

a.  Mampu menghargai keberhasilan siswa

b.  Mampu meningkatkan kepercayaan diri siswa

c.  Mampu membangkitkan partisipasi siswa dalam belajar baik individu maupun kelompok

d.  Mampu membangkitkan motivasi belajar siswa