DESKRIPSI SINGKAT MK. MOCROTEACHING
Dosen Pengasuh MK: I Wayan Sukarjita
Microteaching bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan kompetensi dasar mengajar sebagai bekal praktek mengajar di sekolah / lembaga pendidikan dalam rangka menghadapi pekerjaan mengajar sepenuhnya di depan kelas dengan memiliki pengetahuan, keterampilan, kecakapan dan sikap sebagai guru yang profesional. Materi microteaching meliputi: memahami dasar-dasar pengajaran mikro, menyusun rencana pelaksanaan pengajaran (RPP), membentuk dan meningkatkan kompetensi keterampilan dasar mengajar terbatas, kompetensi keterampilan dasar mengajar terpadu, membentuk kompetensi kepribadian, dan membentuk kompetensi sosial.
Kompetensi Yang Dikembangkan
1. Memahami dasar-dasar pengajaran mikro
2. Menyusun rencana pelaksanaan pengajaran (RPP)
3. Menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar
4. Menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembentukan kemampuan
5. Mempraktikkan langkah-langkah micro teaching (pengajaran mikro)
6. Mempraktekkan keterampilan dasar mengajar secara terisolasi (terbatas)
7. Mempraktekkan keterampilan dasar mengajar secara utuh dan terintegrasi
(terpadu)
8. Mengevaluasi praktik Peerteaching/Microteaching
Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Aspek Kognitif dan Kecakapan Berpikir
a. Mampu mendeskripsikan makna pengajaran mikro
b. Mampu menganalisis prinsip-prinsip pengajaran mikro
c. Mampu dan terampil menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
d. Mampu dan terampil membuka dan menutup pelajaran
e. Mampu dan terampil memberi pertanyaan (menguasai teknik bertanya) dalam pembelajaran.
f. Mampu dan terampil menjelaskan informasi secara sistematis dan menarik dalam pembelajaran.
g. Mampu dan terampil memberikan penguatan dalam pembelajaran. h. Mampu dan terampil menggunakan media dan alat pembelajaran
i. Mampu dan terampil menyusun skenario pembelajaran
j. Mampu dan terampil menggunakan bahasa, penampilan, gerak, dan waktu selang dalam pembelajaran
k. Mampu dan terampil mengadakan variasi dalam pembelajaran l. Mampu dan terampil membimbing diskusi dalam pembelajaran m. Mampu dan terampil mengelola kelas dalam pembelajaran
n. Mampu dan terampil melakukan evaluasi dalam pembelajaran
2. Aspek Psikomotor
a. Mampu berdiri di depan kelas dengan percaya diri dan menarik dalam pembelajaran
b. Mampu memelihara kontak pandang dengan seluruh siswa di kelas dalam pembelajaran
c. Mampu memberikan penguatan menggunakan mimik dan ekspresi yang empatik dalam pembelajaran
d. Mampu memberikan penguatan melalui gerakan badan yang wajar tidak berlebihan dalam pembelajaran
e. Mampu memberi penguatan dengan mendekati siswa dalam pembelajaran
f. Mampu berkomunikasi dengan isyarat verbal maupun non-verbal dalam pembelajaran
g. Mampu memberikan vocal atau suara yang jelas dalam pembelajaran
h. Mampu mengendalikan diri dan tidak terkesan terburu dalam pembelajaran
i. Mampu mengendalikan gerakan yang memberikan penguatan negatif dalam pembelajaran
j. Tidak menyakiti siswa dengan memukul dan gerak fisik lainnya dalam pembelajaran
k. Mampu memproduksi media dan alat pelajaran sendiri dalam pembelajaran
l. Mampu mendemonstrasikan pengoperasian alat atau gerakan pokok dalam mengerjakan tugas fisik dalam pembelajaran.
3. Aspek Affektif, Kecakapan Sosial dan Personal
a. Mampu menghargai keberhasilan siswa
b. Mampu meningkatkan kepercayaan diri siswa
c. Mampu membangkitkan partisipasi siswa dalam belajar baik individu maupun kelompok
d. Mampu membangkitkan motivasi belajar siswa
- Pengajar: I WAYAN SUKARJITA S., M.