Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran dengan
menggunakan pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang
dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif
mengkonstruk konsep, hokum atau prinsip melalui tahapan-tahan
mengamati (untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah),
Merumuskan masalah, me3ngajukan atau merumuskan hipotesis,
mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data,
menarik kesimpulan dan mengkomunikasikannya (Hosnan, 2014).
Pendekatan saintifik dimaksudkan untuk memberikan
pemahaman pada peserta didik dalam mengenal, memahami berbagai
materi menggunakan pendekatan ilmiah, bahwa informasi bisa
berasal dari mana saja, kapan saja, tidak bergantung pada informasi
searah dari guru. Oleh karena itu kondisi pembelajaran yangharapkan tercipta diarahkan untuk mendorong peserta didik dalam
mencari tahu dari berbagai sumber melalui observasi, dan bukan
hanya diberi tahu.
Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran
melibatkan ketrampilan proses seperti mengamati, mengklasifikasi,
mengukur, meramalkan, menjelaskan dan menyimpulkan. Dalam
melaksanakan proses-proses tersebut bantuan guru diperlukan. Akan
tetapi, bantuan guru tersebut harus semakin berkurang dengan
semakin bertambah dewasanya siswa atau semakin tingginya kelas
siswa.
- Pengajar: Dr. Ignasius Suban Angin. S.U