Disadari bersama, bahwa jalan sebagai bagian dari prasarana perhubungan mempunyai kedudukan dan memgang perana yang angat penting dalam kehidupan nasional seperti tercantum dalam undang-undang Nomor 13 tahun 1980. Substansi mata kuliah Perencanaan Tebal Perkeraan ini adalah melakukan perencanaan tebal konstruksi jalan yang didasarkan atas pendataan data lalu lintas harian rata-rata. Perencanaan konstruksi dengan data-data yang sesuai aturan akan menghasilkan perkerasan yang kuat, tahan lama, nyaman, murah, tepat asaran. Pokok bahasan mata kuliah perencanaan konstruki jalan raya ini adalah umur rencana, lalu lintas, kontruksi jalan,tipe-tipe perkerasan,jenis-jennis kerusakan dan penyelesaiannya, persyaratan dan penggunaannya, perentase kendaraan pada jalur rencana, angka ekivalen, lalu lintas, daya dukung tanah dasar, factor regional, indeks permukaan, penentuan tebal perkerasan, indeks tebal perkeraan, koefisien kekuatan relative, batas-batas minimum tebal lapisan, pelapisan tambahan, kontruksi bertahap, contoh penggunaan, serta nomogram penetapan tebal perkerasan. Capaian pembelajaran mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu merencanakan tebal konstruki jalan raya didasarkan atas data-data yang didapat dilapangan.