Disadari bersama, bahwa jalan sebagai bagian dari prasarana perhubungan mempunyai
kedudukan dan memgang perana yang angat penting dalam kehidupan nasional
seperti tercantum dalam undang-undang Nomor 13 tahun 1980. Substansi mata
kuliah Perencanaan Tebal Perkeraan ini adalah melakukan perencanaan tebal
konstruksi jalan yang didasarkan atas pendataan data lalu lintas harian rata-rata.
Perencanaan konstruksi dengan data-data yang sesuai aturan akan menghasilkan
perkerasan yang kuat, tahan lama, nyaman, murah, tepat asaran. Pokok bahasan
mata kuliah perencanaan konstruki jalan raya ini adalah umur rencana, lalu
lintas, kontruksi jalan,tipe-tipe perkerasan,jenis-jennis kerusakan dan
penyelesaiannya, persyaratan dan penggunaannya, perentase kendaraan pada jalur
rencana, angka ekivalen, lalu lintas, daya dukung tanah dasar, factor regional,
indeks permukaan, penentuan tebal perkerasan, indeks tebal perkeraan, koefisien
kekuatan relative, batas-batas minimum tebal lapisan, pelapisan tambahan,
kontruksi bertahap, contoh penggunaan, serta nomogram penetapan tebal
perkerasan. Capaian pembelajaran mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu merencanakan
tebal konstruki jalan raya didasarkan atas data-data yang didapat dilapangan.