Metode Penelitian ini untuk mahasiswa semester VI Kelas Agri 3 dan Agri 4. Kelas ini diikuti oleh 77 orang mahasiswa. Pertemuan 1 sampai 8 telah dilakukan secara tatap muka sehingga kuliah online ini hanya melanjutkan yakni mulai pertemuan 9 sampai 16. Karena pertemuan 1 sampai 8 mahasiswa telah diberikan dasar pemahaman tentang metode penelitian oleh Ir. ANP,Lango, M.Si, maka pada pertemuan 9 sampai 16 ini mahasiswa fokus pada ahal-hal praktis sebagai implementasi dari konsep penelitian yang diperoleh sebelumnya serta pengamatan dosen terhadap kurangnya penguasaan teknik pembuatan proposal. Oleh karena itu, untuk mempercepat mahasiswa menyusun suatu proposal maka pertemuan 9 sampai 16 ini akan fokus pada cara membaut proposal. Dimulai dari cara menetapkan judul (harus ada data da sein dan da sollen berdasarkan hasil pra survei mahasiswa, baim survei lapangan maupun survei atau literartur. Pertama, Bab I, cara menulis Lara Belakang (cara dedukdi untuk kuantitatif dan cara induksi untuk kualitatif). Disusul menetapkan atau merumuskan masalah, tujuan dan manfaat penelitian. Kedua, Bab II. Tinjauan Pustaka. Caranya menetapkan state of the art (hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian topik yang diambil, dapat diperoleh melalui kajian hasil penelitian terdahulu, jurnal internasional (miniman 1), jurnal nasional minimal 1, buletin, serta hasil penelitian yang telah dipublikasikan atau tidak dipublikasikan termasuk hasil penelitian S1, S2 dan S3 baik di lingkungan Undana maupun dari PT lain). Berikutnya adalah mencari teori-teori yang terkait dengan topik penelitian. Jumlah teori yang disajikan dalam hal ini, bisa hanya 1 teori atau lebih tergantung jumlah variabel utama dalam topik penelitian. Jika ada 2 teori atau lebih maka mahasiswa berkewajiban untuk membuat kristalisasi dari teori-teori ntersebut yang disesuaikan dengan kondisi lokasi penelitian. Ketiga, Bab III. Metode Penelitian, 3.1 membuat kerangka pemikiran (biasanya dibuat berdasarkan teori-teori dan state of the art pada Bab II. Kerangka ini menunjukkan hubungan variabel penelitian, oleh karena itu, jangan munculkan variabel baru yang sebelumnya tidak ada pada Tinjauan Pustaka. Manuculkan variabel yang hanya ada pada Tinjauan Pustaka, 3.2 Menetapkan lokasi dan waktu penelitian, 3.4 Menetapkan populasi dan teknik sampling, 3.4 Menetapkan defenisi operasional variabel dan cara pengukuran, 3.5 Menetapkan data dan cara mengumpulkan data, 3.6 Menguji reliabilitas kusioner (tergantung dosen pembimbing), 3.7. Analisis data (tergantung topik dan jenis penelitian), Daftar Pustaka (tulisan DP ini bisa dimulai sesuai abjad, bisa juga dengan cara lain. Caranya bisa baca tentang Pedoman Penyusunan Skripsi Faperta Undana. Berdasarkan uraian singkat di atas maka tergaet hasil akhir dari kuliah ini adalah semua mahasiswa telah memilki proposal tetapi yang sedikit lamban palimng tidak sudah memiliki judul dan latar belakang sehingga mempercepat mahasiswa menyelesaikan studi.
- Teacher: Leta Rafael Levis