Menurut Seepersad dan Henderson  (1984) mengartikan evaluasi sebagai kegiatan sistematis yang dimaksudkan untuk  melakukan pengukuran dan penilaian terhadap sesuatu  obyek berdasarkan pedoman yang telah ada. MK ini akan membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan untuk melakukan evaluasi terhadap obyek yang dihadapi yakni model penyuluhan yang dilaksanakan, untuk dapat melakukan evaluasi mahasiswa diberikan rambu-rambu sebagai pedoman mereka melakukan evaluasi.

Untuk itu materi dalam perkuliahan ini terdiri dari: Hubungan Evaluasi dan Teori Management ;  "on-going evaluation" dan "ex-post evaluation" (Cernea dan Tepping ,1977); cost-benefit analysis and  cost-effectiveness analysis;  Pengukuran dan Intepretasi Dalam Suatu Evaluasi;  Evaluasi Model Training and Visit System (T & V system) Dalam Penyuluhan Pertanian di Indonesia dan NTT;  Items Evaluasi secara global terhadap T & V system;  Hasil Evaluasi T and V system di NTT;  Item2 Evaluasi Penyuluhan Terkait  Penerapan Model Komunikasi Penyuluhan;  Kelebihan dan Kelemahan Model T and V system;  Teknik Service Quality Model (SERVQUA MODEL) Dalam Mengevaluasi Kinerja Penyuluhan;   Evaluasi Tingkat Kepuasan petani terhadap kinerja penyuluh di NTT; Implikasi Hasil Evaluasi T and V system di NTT.

Materi ini untuk pertemuan 11 sd 16 sebab pertemuan sebelumnya telah dilakukan oleh Ir. Serman Nikolaus dan Ir. Made Tusan Surayasa