Pada matakuliah ini mahasiswa belajar mengenai perkembangan ilmu fisika pada setiap periode yang pada umumnya memiliki kekhususan tersendiri sebagai pertanda jamannya. Mahasiswa juga memiliki pemahaman yang lebih mengenai beberapa tokoh yang paling memberikan sumbangsi pemikiran terbesar dalam sejarah perkembangan ilmu fisika pada setiap periode. Serta, mahasiswa mampu menyusun makalah dan mempresentasikan hasil makalah tersebut secara menarik dalam bentuk Power Point (PPT) atau video pembelajaran.

1.      Sejarah perkembangan Fisika Klasik

2.      Sejarah perkembangan Fisika Modern

3.      Sejarah perkembangan Ilmu Mekanika

4.      Sejarah perkembangan Ilmu Panas

5.      Sejarah Perkembangan Ilmu Optik

6.      Sejarah Perkembangan Ilmu Astronomi

7.      Biografi tokoh-tokoh yang berperan dalam perkembangan Fisika Klasik (Phytagoras, Plato, dan Aristoteles)

8.      Biografi tokoh-tokoh yang berperan dalam perkembangan Fisika Modern (Max Planck, Erwin Schrodinger, dan Richard Feymenn)

9.      Biografi tokoh-tokoh yang berperan dalam perkembangan Ilmu Mekanika (Blaise Pascal, Isac Newton, dan Daniel Bernoulli)

10.  Biografi tokoh-tokoh yang berperan dalam perkembangan Ilmu panas (Joseph Black, Nicolas Leonardo Sadi Carnot, dan Joseph Gay-Lussac)

11.  Biografi tokoh-tokoh yang berperan dalam perkembangan Ilmu Optik (Michelson, Thomas Young, dan Denis Gobar)

12.  Biografi tokoh-tokoh yang berperan dalam perkembangan Ilmu Astronomi (Tycho Brahe, Johannes Kepler, dan Edwin Hubble)