Mata Kuliah Evaluasi hasil dan Proses Belajar adalah salah satu Mata Kuliah Wajib dengan jumlah 3 SKS di Program Studi Pendidikan Biologi dengan Kode Mata kuliah KPBIO 46338. 

Mata Kuliah Evaluasi Hasil dan Proses Belajar adalah salah satu matakuliah yang mengasah kompetensi pedagogik terkait dengan kemampuan seorang guru melakukan penilaian terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Melalui evaluasi hasil dan proses belajar dapat diketahui berhasil tidaknya suatu kegiatan pembelajaran, informasi ini sangat penting bagi guru agar dapat membuat keputusan dan perencanaan  selanjutnya sebagai tindak lanjut evaluasi tersebut (apakah melakukan pengayaan,  remedial, atau  melanjutkan kegiatan pada topik berikutnya). 

Dalam mata kuliah ini, akan dibahas materi pengantar evaluasi pembelajaran dan penilaian, dan instrumen  evaluasi pembelajaran khususnya instrumen kognitif (tes), afektif dan psikomotor. Selain itu, juga dilakukan analisis tentang item-butir soal mencakup Daya pembeda, Tingkat kesukaran, validitas, dan realiabilitas.