Utilitas bangunan adalah  suatu kelengkapan fasilitas bangunan yang digunakan untuk menunjang tercapainya unsur unsur keselamatan, kesehatan, kenyamanan, kemudahan komunikasi dan akses/mobilitas dalam bangunan. 

Utilitas 1 adalah MK yang mempelajari dan memahami sistem plumbing dan sanitasi dalam penerapannya ke dalam bangunan maksimal 4 lantai serta perhitungannya. Memahami perencanaan sistem plumbing pada bangunan dimaksudkan untuk menyalurkan air bersih dan air panas ke semua alat plumbing serta pembuangan air limbah dari semua alat plumbing yang harus berpedoman pada syarat sanitasi kesehatan. disamping itu, mahasiswa diwajibkan untuk memahami tentang alat transportasi dalam bangunan, baik secara konvensional  (tangga) dan modern (lift, eskalator dan conveyor), sehingga dapat membantu memperlancar aksesibiltas dalam bangunan ataupun antar bangunan. 

setelah mengikuti Perkuliahan Utilitas Bangunan 1 ini mahasiswa diharapkan dapat memahami tentang sistem tenaga dan penerangan, sistem pengkondisian udara, Sistem penyediaan air bersih, sistem pengelolaan air kotor, pengendalian bahaya kebakaran, dan transportasi vertikal sehingga bangunan yang dirancang dapat berfungsi dengan aman, nyaman dan sehat, serta mampu merencanakannya dalam sebuah bangunan