|
UNIVERSITAS NUSA CENDANA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS PROGRAM STUDI AKUNTANSI |
||||||
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) |
|||||||
Nama Mata Kuliah |
Kode Mata Kuliah |
Bobot (sks) |
Semester |
Tgl Penyusunan |
|||
Penganggaran |
EBAKU 1534 |
3 |
V (Lima) |
30 Agustus 2020 |
|||
Otorisasi |
Nama Koordinator Pengembang RPS |
Koordinator Bidang Keahlian (Jika Ada) |
Ka PRODI |
||||
Yohana Febiani Angi, SE.,M.Aks |
|
Linda Lomi ga, SE.,MSA |
|||||
Capaian Pembelajaran (CP) |
CPL-PRODI (Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi) Yang Dibebankan Pada Mata Kuliah |
||||||
SK10 SK14 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri Menunjukkan sikap jujur, luhur dan setia dalam menjalankan profesi dan pekerjaannya
|
||||||
PP3 |
Menguasai konsep teoritis secara mendalam tentang: a. Konsep Penganggaran b. Perhitungan dan penyusunan anggaran penjualan, anggaran produksi, anggaran biaya produksi, anggaran beban operasi, anggaran laba rugi, anggaran kas, anggaran neraca, penganggaran modal c. Perhitungan dan penyusunan angaran pada perusahaan jasa d. Perhitungan dan penyusunan anggaran pada perusahaan dagang
|
||||||
KU2 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur |
||||||
KU3 |
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni |
||||||
KU4 KU5 |
Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
||||||
KK5 |
Mampu secara mandiri menyusun laporan hasil analisis atas informasi keuangan dan non keuangan serta pengungkapan terkait yang relevan dan andal untuk pengambilan keputusan manajerial dengan menerapkan teknik dan metode analisis akuntansi dan keuangan
|
||||||
CPMK (Capaian Pembelajaran Mata Kuliah) |
|||||||
CPMK1 |
Mampu menjelaskan konsep teori anggaran dan penyusunan anggaran pada perusahaan jasa dan dagang (KU2, KK5); |
||||||
CPMK2 |
Mampu mengimplementasikan konsep perencnaan dan anggaran dalam pengambilan keputusan manajerial (PP3,KU4,KK5); |
||||||
CPMK3 |
Mampu mengumpulkan, mengolah data dan menginterpretasikan hasil kajian dalam bentuk skripsi dan tugas akhir dalam berbagai metode pengumpulan biaya (KU4, KK5); |
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
Diskripsi Singkat MK |
Mata kuliah ini membekali pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dimana mahasiswa dapat belajar tentang penyusunan anggaran dan pengambilan keputusan berdasarkan anggaran yang telah disusun. Mahasiswa dapat menggunakan metode-metode penentuan harga pokok produksi sebagai materi penulisan ilmiah atau mengimplementasikan pada aktivitas usaha nyata. Mahasiswa diharapkan juga dapat menganalisis dan melakukan pengendalian biaya sehingga biaya yang dikeluarkan tidak menyimpang dari yang dianggarkan.
|
||||||
Bahan Kajian / Materi Pembelajaran |
1. Konsep anggaran 2. Anggaran penjualan 3. Anggaran produksi 4. Anggaran biaya produksi 5. Anggaran beban operasi 6. Anggaran laba rugi 7. Anggaran kas 8. Anggaran neraca 9. Penganggaran modal 10. Anggaran pada perusahaan jasa 11. Anggaran pada perusahaan dagang |
||||||
Daftar Referensi |
Utama: |
|
|||||
Catur Sasongko, 2010, Anggaran. Penerbit Salemba Empat
|
|||||||
Media Pembelajaran |
Perangkat lunak: |
Perangkat keras : |
|||||
MS Excell |
PC / Notebook |
||||||
Nama Dosen Pengampu |
1. Yohana Febiani Angi, SE.,M.Aks (YFA) 2. Minarni A. Dethan. SE.,M.Akt (MAD) 3. Karmila D.L Mutia, SE.,M.Ak.,Akt (KDM) 4. Sarinah J. M Rafael, SE.,M.Acc.,Ak.,CA (SJR) 5. Maria P. L. Muga, SE., M.Si.,Ak (MPM) 6. Siprianus G. Tefa, SE.,M.Si (SGT) 7. Melianus E. Tkela, SE.,M.Si (MET) |
||||||
Mata kuliah prasyarat (Jika ada) |
Akuntansi Biaya (EBAKU 1332); Akuntansi Manajemen (EBAKU 1433)
|
||||||
MingguKe-
|
Sub-CPMK (Kemampuan akhir yg direncanakan) |
Bahan Kajian (Materi Pembelajaran)
|
Bentuk dan Metode Pembelajaran |
Estimasi Waktu |
Pengalaman Belajar Mahasiswa |
Penilaian |
||
Kriteria & Bentuk |
Indikator
|
PIC |
||||||
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
(9) |
2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep anggaran |
· Tujuan penyusunan anggaran · Anggaran statis dan fleksibel · Jenis-jenis anggaran
|
· Bentuk: Kuliah online · Metode: Presentasi kelompok (online) dan pembahasan kasus praktikum
|
3 x 50” |
· Menyusun ringkasan dlm bentuk makalah tentang pengertian biaya, konsep anggaran dan contoh anggaran statis dan fleksibel · Latihan soal bab 1
|
Kriteria: Kesesuaian dan ketepatan
|
· Pemahaman tentang pengertian biaya, konsep anggaran. · Ketepatan anggaran fleksibel dan statis · Pemahaman tentang jenis-jenis anggaran
|
KDM |
3-4 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan menganalisis anggaran penjualan
|
· Konsep anggaran penjualan lebih dari satu bulan · Memperkirakan penjualan |
Bentuk: Kuliah online
Metode: Diskusi kelompok
|
6 x 50” |
· Menyusun anggaran penjualan · Latihan soal bab 2 · Kasus Praktikum (kasus 1) |
Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan sistematika tugas Penyelesaian: · Kasus praktikum (Tugas Individu)
|
· Pemahaman tentang anggaran penjualan. · Ketepatan menghitung dan menyusun anggaran penjualan |
SGT |
5 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan menganalisis anggaran produksi
|
· Konsep anggaran produksi · Format anggaran produksi · Angaran produksi untuk lebi dari satu bulan · Kebijakan tingkat produksi · Kebijakan stabilisasi tingkat persediaan |
Bentuk: Kuliah online
Metode: Diskusi kelompok dan studi kasus
|
3 x 50”
|
• Menyusun anggaran produksi · Latihan soal bab 3 · Kasus Praktikum (kasus 2)
|
Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan sistematika tugas Penyelesaian: · Kasus praktikum (Tugas Individu)
|
· Pemahaman tentang anggaran produksi. · Ketepatan menghitung dan menyusun anggaran produksi |
MPM |
6 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan menganalisis anggaran biaya produksi
|
· Konsep anggaran bahan baku · Konsep anggaran pembelian bahan baku · Kosep anggaran TKL · Konsep anggaran BOP |
Bentuk: Kuliah online
Metode: Diskusi kelompok dan studi kasus
|
3 x 50” |
· Menyusun anggaran biaya produksi produksi · Latihan soal bab 4 · Kasus Praktikum (kasus 3)
|
Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan sistematika tugas Penyelesaian: · Kasus praktikum (Tugas Individu)
|
· Pemahaman tentang anggaran biaya produksi. · Ketepatan menghitung dan menyusun anggaran biaya produksi |
MPM |
7 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan menganalisis anggaran beban operasi
|
· Konsep beban operasional tetap, variabel dan semivariabel |
Bentuk: Kuliah online
Metode: Diskusi kelompok dan studi kasus
|
3 x 50” |
· Menyusun anggaran beban operasi · Latihan soal bab 5
|
Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan sistematika tugas Penyelesaian: · Tugas individu
|
· Pemahaman tentang anggaran beban operasi · Ketepatan menghitung dan menyusun anggaran beban operasi |
MET |
8 |
Ujian Tengah Semester |
|||||||
9-10 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan menganalisis anggaran laba rugi
|
· Konsep anggaran laba rugi perusahaan manufaktur · Menghitung nilai persediaan akhir barang jadi · Menyusun anggaran laba rugi |
Bentuk: Kuliah online
Metode: Diskusi kelompok dan studi kasus
|
6 x 50” |
· Menyusun anggaran beban operasi · Latihan soal bab 6 · Kasus Praktikum (kasus 4)
|
Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan sistematika tugas Penyelesaian: |
· Pemahaman tentang anggaran laba rugi · Ketepatan menghitung dan menyusun anggaran laba rugi |
YFA |
11 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan menganalisis anggaran kas
|
· Sumber informasi penyusun anggaran kas · Format anggaran kas · Pola penagihan piutang dagang dan pembayaran utang dagang · Masalah waktu pembayaran · Saldo kas minimum, pinjaman dan pembayaran pinjaman |
Bentuk: Kuliah online
Metode: Diskusi kelompok dan studi kasus
|
3 x 50’
|
· Menyusun dan menganalisis anggaran kas · Latihan soal bab 7 · Kasus Praktikum (kasus 5)
|
Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan sistematika tugas Penyelesaian: · Kasus praktikum (Tugas Individu)
|
· Pemahaman tentang anggaran kas · Ketepatan menghitung dan menyusun anggaran kas |
SJR |
12 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan menganalisis anggaran neraca
|
· Format anggaran neraca |
Bentuk: Kuliah online
Metode: Diskusi kelompok dan studi kasus
|
3 x 50”
|
· Menyusun dan menganalisis anggaran neraca · Latihan soal bab 8 · Kasus Praktikum (kasus 6)
|
Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan sistematika tugas Penyelesaian: · Kasus praktikum (Tugas Individu)
|
· Pemahaman tentang anggaran kas · Ketepatan menghitung dan menyusun anggaran kas |
KDM |
13 |
Mahasiswa mampu menjelaskan teori dan konsep konsep dan menganalisis penganggaran modal
|
· Teknik dan kosep penganggaran modal · Metode payback period · Metode net present value
|
Bentuk: Kuliah online
Metode: Diskusi kelompok dan studi kasus
|
3 x 50”
|
· Menyusun dan menganalisis anggaran modal · Latihan soal bab 9
|
Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan sistematika Tugas individu
|
· Pemahaman tentang anggaran modal · Ketepatan menghitung dan menyusun anggaran modal |
YFA |
14 |
Mahasiswa mampu menjelaskan teori dan konsep konsep dan menganalisis anggaran pada perusahaan jasa
|
· Anggaran pendapatan · Anggaran beban langsung pelatihan · Anggaran beban tidak langsung pelatihan · Anggaran beban operasional pelatihan · Anggaran laba rugi pelatihan |
Bentuk: Kuliah online
Metode: Diskusi kelompok dan studi kasus
|
3 x 50”
|
· Menyusun dan menganalisis anggaran pada perusahaan jasa · Latihan soal bab 10 |
Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan sistematika tugas Tugas individu
|
· Pemahaman tentang anggaran pada perusahaan jasa · Ketepatan menghitung dan menyusun anggaran pada perusahaan jasa |
MAD |
15 |
Mahasiswa mampu menjelaskan teori dan konsep konsep dan menganalisis anggaran pada perusahaan dagang |
· Anggaran penjualan · Anggaran pembelian barang dagang · Anggaran beban operasional · Angaran beban pokok penjualan · Anggaran laba rugi |
Bentuk: Kuliah online
Metode: Diskusi kelompok dan studi kasus
|
|
· Menyusun dan menganalisis anggaran pada perusahaan jasa · Latihan soal bab 11 |
Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan sistematika tugas Tugas individu
|
· Pemahaman tentang anggaran pada perusahaan dagang · Ketepatan menghitung dan menyusun anggaran pada perusahaan dagang |
MAD |
16 |
UJIAN AKHIR SEMESTER |
Catatan:
1. Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4. Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
5. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
6. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.