UNIVERSITAS NUSA CENDANA

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

PROGRAM STUDI AKUNTANSI

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

Nama Mata Kuliah

Kode Mata Kuliah

Bobot (sks)

Semester

Tgl Penyusunan

Penganggaran

EBAKU 1534

3

V (Lima)

 30 Agustus 2020

Otorisasi

Nama Koordinator Pengembang RPS

Koordinator Bidang Keahlian (Jika Ada)

Ka PRODI

 

 

Yohana Febiani Angi, SE.,M.Aks

 

 

 

 

 

Linda Lomi ga, SE.,MSA

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI  (Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi) Yang Dibebankan Pada Mata Kuliah    

SK10

SK14

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

Menunjukkan   sikap   jujur,   luhur   dan   setia   dalam   menjalankan   profesi   dan pekerjaannya

 

PP3

Menguasai konsep teoritis secara mendalam tentang:

a.       Konsep Penganggaran

b.       Perhitungan dan penyusunan anggaran penjualan, anggaran produksi, anggaran biaya produksi, anggaran beban operasi, anggaran laba rugi, anggaran kas, anggaran neraca, penganggaran modal

c.       Perhitungan dan penyusunan angaran pada perusahaan jasa

d.       Perhitungan dan penyusunan anggaran pada perusahaan dagang

 

KU2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

KU3

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya   berdasarkan   kaidah,   tata   cara   dan   etika   ilmiah   dalam   rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni

KU4

KU5

Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data

KK5

Mampu secara mandiri menyusun laporan hasil analisis

 atas informasi keuangan dan non keuangan serta pengungkapan terkait yang relevan dan andal untuk pengambilan keputusan manajerial dengan menerapkan teknik dan metode analisis akuntansi dan keuangan

 

CPMK (Capaian Pembelajaran Mata Kuliah)

CPMK1

Mampu menjelaskan konsep teori anggaran dan penyusunan anggaran pada perusahaan jasa dan dagang (KU2, KK5);

CPMK2

Mampu mengimplementasikan konsep perencnaan dan anggaran dalam pengambilan keputusan manajerial (PP3,KU4,KK5);

CPMK3

Mampu mengumpulkan, mengolah data dan menginterpretasikan hasil kajian dalam bentuk skripsi dan tugas akhir dalam berbagai metode pengumpulan biaya (KU4, KK5);

 

 

 

 

Diskripsi Singkat MK

Mata kuliah ini membekali pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dimana mahasiswa dapat belajar tentang penyusunan anggaran dan pengambilan keputusan berdasarkan anggaran yang telah disusun. Mahasiswa dapat menggunakan metode-metode penentuan harga pokok produksi sebagai materi penulisan ilmiah atau mengimplementasikan pada aktivitas usaha nyata. Mahasiswa diharapkan juga dapat menganalisis dan melakukan pengendalian biaya sehingga biaya yang dikeluarkan tidak menyimpang dari yang dianggarkan.

 

Bahan Kajian / Materi Pembelajaran

1.      Konsep anggaran

2.     Anggaran penjualan

3.     Anggaran produksi

4.     Anggaran biaya produksi

5.     Anggaran beban operasi

6.     Anggaran laba rugi

7.     Anggaran kas

8.     Anggaran neraca

9.     Penganggaran modal

10. Anggaran pada perusahaan jasa

11. Anggaran pada perusahaan dagang

Daftar Referensi

Utama:

 

Catur Sasongko, 2010, Anggaran. Penerbit Salemba Empat

 

Media Pembelajaran

Perangkat lunak:

Perangkat keras :

MS Excell

PC / Notebook

Nama Dosen Pengampu

1.       Yohana Febiani Angi, SE.,M.Aks (YFA)

2.       Minarni A. Dethan. SE.,M.Akt (MAD)

3.       Karmila D.L Mutia, SE.,M.Ak.,Akt (KDM)

4.       Sarinah J. M Rafael, SE.,M.Acc.,Ak.,CA (SJR)

5.       Maria P. L. Muga, SE., M.Si.,Ak (MPM)

6.       Siprianus G. Tefa, SE.,M.Si (SGT)

7.       Melianus E. Tkela, SE.,M.Si (MET)

Mata kuliah prasyarat (Jika ada)

Akuntansi Biaya (EBAKU 1332); Akuntansi Manajemen (EBAKU 1433)

 

 

 

MingguKe-

 

 

Sub-CPMK

(Kemampuan akhir yg direncanakan)

Bahan Kajian

(Materi Pembelajaran)

 

Bentuk dan Metode Pembelajaran

Estimasi Waktu

Pengalaman Belajar Mahasiswa

Penilaian

Kriteria & Bentuk

Indikator

 

PIC

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

2

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep anggaran

·   Tujuan penyusunan anggaran

·   Anggaran statis dan fleksibel

·   Jenis-jenis anggaran

 

 

·   Bentuk:

Kuliah online

·   Metode:

Presentasi kelompok (online) dan pembahasan kasus praktikum

 

 3 x 50”

·   Menyusun ringkasan dlm bentuk makalah tentang pengertian biaya, konsep anggaran dan contoh anggaran statis dan fleksibel

·    Latihan soal bab 1

 

Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan

 

 

·   Pemahaman tentang pengertian biaya, konsep anggaran.

·   Ketepatan anggaran fleksibel dan statis

·   Pemahaman tentang jenis-jenis anggaran

 

KDM

3-4

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan menganalisis anggaran penjualan

 

·   Konsep anggaran penjualan lebih dari satu bulan

·   Memperkirakan penjualan

Bentuk:

Kuliah online

 

Metode:

Diskusi kelompok

 

 6 x 50”

·   Menyusun anggaran penjualan

·   Latihan soal bab 2

·   Kasus Praktikum (kasus 1)

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan sistematika tugas

Penyelesaian:

·   Kasus praktikum (Tugas Individu)

 

· Pemahaman tentang anggaran penjualan.

· Ketepatan menghitung dan menyusun anggaran penjualan

SGT

5

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan menganalisis anggaran produksi

 

·   Konsep anggaran produksi

·   Format anggaran produksi

·   Angaran produksi untuk lebi dari satu bulan

·   Kebijakan tingkat produksi

·   Kebijakan stabilisasi tingkat persediaan

Bentuk:

Kuliah online

 

Metode:

Diskusi kelompok dan studi kasus

 

 3 x 50”

 

• Menyusun anggaran produksi

·    Latihan soal bab 3

·    Kasus Praktikum (kasus 2)

 

 

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan sistematika tugas

Penyelesaian:

·   Kasus praktikum (Tugas Individu)

 

· Pemahaman tentang anggaran produksi.

· Ketepatan menghitung dan menyusun anggaran produksi

MPM

6

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan menganalisis anggaran biaya produksi

 

·   Konsep anggaran bahan baku

·   Konsep anggaran pembelian bahan baku

·   Kosep anggaran TKL

·   Konsep anggaran BOP

Bentuk:

Kuliah online

 

Metode:

Diskusi kelompok dan studi kasus

 

 3 x 50”

· Menyusun anggaran biaya produksi produksi

·    Latihan soal bab 4

·    Kasus Praktikum (kasus 3)

 

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan sistematika tugas

Penyelesaian:

·   Kasus praktikum (Tugas Individu)

 

· Pemahaman tentang anggaran biaya produksi.

· Ketepatan menghitung dan menyusun anggaran biaya produksi

MPM

7

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan menganalisis anggaran beban operasi

 

·   Konsep beban operasional tetap, variabel dan semivariabel

Bentuk:

Kuliah online

 

Metode:

Diskusi kelompok dan studi kasus

 

 3 x 50”

· Menyusun anggaran beban operasi

·    Latihan soal bab 5

 

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan sistematika tugas

Penyelesaian:

·   Tugas individu

 

· Pemahaman tentang anggaran beban operasi

· Ketepatan menghitung dan menyusun anggaran beban operasi

MET

8

Ujian Tengah Semester                              

 9-10

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan menganalisis anggaran laba rugi

 

 

·   Konsep anggaran laba rugi perusahaan manufaktur

·   Menghitung nilai persediaan akhir barang jadi

·   Menyusun anggaran laba rugi

Bentuk:

Kuliah online

 

Metode:

Diskusi kelompok dan studi kasus

 

 6 x 50”

· Menyusun anggaran beban operasi

·    Latihan soal bab 6

·    Kasus Praktikum (kasus 4)

 

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan sistematika tugas

Penyelesaian:

·   Kasus praktikum (Tugas Individu)

· Pemahaman tentang anggaran laba rugi

· Ketepatan menghitung dan menyusun anggaran laba rugi

YFA

11

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan menganalisis anggaran kas

 

·   Sumber informasi penyusun anggaran kas

·   Format anggaran kas

·   Pola penagihan piutang dagang dan pembayaran utang dagang

·   Masalah waktu pembayaran

·   Saldo kas minimum, pinjaman dan pembayaran pinjaman

Bentuk:

Kuliah online

 

Metode:

Diskusi kelompok dan studi kasus

 

 3 x 50’

 

· Menyusun dan menganalisis anggaran kas

·    Latihan soal bab 7

·    Kasus Praktikum (kasus 5)

 

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan sistematika tugas

Penyelesaian:

·   Kasus praktikum (Tugas Individu)

 

· Pemahaman tentang anggaran kas

· Ketepatan menghitung dan menyusun anggaran kas

SJR

 12

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan menganalisis anggaran neraca

 

·    Format anggaran neraca

Bentuk:

Kuliah online

 

Metode:

Diskusi kelompok dan studi kasus

 

3 x 50”

 

· Menyusun dan menganalisis anggaran neraca

·    Latihan soal bab 8

·    Kasus Praktikum (kasus 6)

 

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan sistematika tugas

Penyelesaian:

·   Kasus praktikum (Tugas Individu)

 

· Pemahaman tentang anggaran kas

· Ketepatan menghitung dan menyusun anggaran kas

KDM

 13

Mahasiswa mampu menjelaskan teori dan konsep konsep dan menganalisis penganggaran modal

 

·    Teknik dan kosep penganggaran modal

·    Metode payback period

·    Metode net present value

 

Bentuk:

Kuliah online

 

Metode:

Diskusi kelompok dan studi kasus

 

 3 x 50”

 

· Menyusun dan menganalisis anggaran modal

·    Latihan soal bab 9

 

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan sistematika

Tugas individu

 

· Pemahaman tentang anggaran modal

·   Ketepatan menghitung dan menyusun anggaran modal

YFA

14

Mahasiswa mampu menjelaskan teori dan konsep konsep dan menganalisis anggaran pada perusahaan jasa

 

·   Anggaran pendapatan

·   Anggaran beban langsung pelatihan

·   Anggaran beban tidak langsung pelatihan

·   Anggaran beban operasional pelatihan

·   Anggaran laba rugi pelatihan

Bentuk:

Kuliah online

 

Metode:

Diskusi kelompok dan studi kasus

 

3 x 50”

 

·   Menyusun dan menganalisis anggaran pada perusahaan jasa

·   Latihan soal bab 10

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan sistematika tugas

Tugas individu

 

· Pemahaman tentang anggaran pada perusahaan jasa

· Ketepatan menghitung dan menyusun anggaran pada perusahaan jasa

MAD

15

Mahasiswa mampu menjelaskan teori dan konsep konsep dan menganalisis anggaran pada perusahaan dagang

·  Anggaran penjualan

·  Anggaran pembelian barang dagang

·  Anggaran beban operasional

·  Angaran beban pokok penjualan

·  Anggaran laba rugi

Bentuk:

Kuliah online

 

Metode:

Diskusi kelompok dan studi kasus

 

 

·  Menyusun dan menganalisis anggaran pada perusahaan jasa

·  Latihan soal bab 11

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan sistematika tugas

Tugas individu

 

·  Pemahaman tentang anggaran pada perusahaan dagang

·  Ketepatan menghitung dan menyusun anggaran pada perusahaan dagang

MAD

16

UJIAN AKHIR SEMESTER

 

Catatan:

1.     Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.

2.     CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.

3.     CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.

4.     Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.

5.     Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.

6.     Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.