DESKRIPSI MATAKULIAH

Oleh: I Wayan Sukarjita

Pembelajaran pada dasarnya adalah proses penambahan informasi dan kemampuan baru. Ketika seorang guru berfikir informasi dan kemampuan apa yang harus dimiliki oleh peserta didik, maka pada saat itu juga guru semestinya berfikir strategi apa yang harus dilakukan agar semua itu dapat tercapai secara efektif dan efisien. Ini sangat penting untuk difahami, sebab apa yang harus dicapai akan menentukan bagaimana cara mencapainya. Maka melalui mata kuliah Strategi Belajar Mengajar ini mahasiswa mampu merancang strategi pembelajaran yang tepat   untuk diiplementasikan kedalam proses pembelajaran fisika.

Mata kuliah ini antara lain mencakup: (1) Perubahan paradigma pembelajaran bersasarkan K13, (2) Konsep Dasar Strategi Pembelajaran Efektif,  (3) Teori-teori belajar dalam pembelajaran, (4) Model dan Metode Pembelajaran, (5) Strategi Pembelajaran Berbasis CTL, (6) Strategi pembelajaran kooperatif, (7) Strategi pembelajaran Afektif, (8) Strategi Pembelajaran Inkuiri, (9) Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah, dan (10) Strategi pembelajaran berbasis elektronik (e-learning), (11) Media Pembelajaran, dan (12) Penilaian dan evaluasi  proses dan hasil pembelajaran