Secara umum aktivitas manajemen dalam organisasi diarahkan untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Manajemen adalah proses bekerja sama antara individu dan kelompok serta sumber daya lainnya dalam mencapai tujuan dari organisasi. Manajemen adalah menyelenggarakan sesuatu dengan menggerakkan orang-orang, sumber daya keuangan, fisik dan informasi sesuai dengan kebutuhan. Mata kuliah dasar-dasar manajemen membahas mengenai hal yang mendasar dalam proses manajemen dalam sebuah organisasi atau perusahaan, di antaranya proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan/ pengarahan dan pengawasan. Seluruh proses manajemen merupakan proses yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Maka kuliah dasar-dasar manajemen diberikan kepada mahasiswa semester 1 (satu) program studi agribisnis. Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan :

1)      Mampu memahami wawasan menyeluruh dan pengetahuan umum tentang manajemen yang mencakup definisi, tujuan serta fungsi manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan di dalam organisasi atau perusahaan;

2)      Mampu menjelaskan dan membedakan serta menerapkan fungsi-fungsi manajemen dalam pengelolaan organisasi;

3)      Mampu menjelaskan pengertian dan konsep-konsep dasar dalam manajemen serta fungsi-fungsi manajemen yang dapat mendukung keterampilan manajerial.

Dosen :            1. Dr. Tomycho Olviana, SP. MMA (Pertemuan 1-8)

2. Dra. S. S. P Pudjiastuti, MM (Pertemuan 9-16)