PENDAHULUAN

Profil Matakuliah
Kode Matakuliah : 066601
Nama Matakuliah : Forensik Digital
Jenjang : S1 Teknik Informatika
SKS : 3 SKS

Salam Pembuka

Selamat datang di mata kuliah Keamanan Komputer. Matakuliah ini merupakan matakuliah teori pada Program Studi S1 Rekayasa Sistem Komputer dan S1 Teknologi Informasi. Matakuliah ini diberikan pada semester IV dan memiliki beban 3 SKS. Matakuliah ini dilaksanakan secara daring melalui Learning Management System (LMS) Universitas Teknologi Mataram.

Deskripsi Matakuliah

Era digital telah membawa perubahan dalam melakukan kejahatan. Penggunaan komputer dalam kejahatan telah menyebabkan munculnya bidang yang muncul yang disebut komputer forensik. Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan mahasiswa pengetahuan tentang software, teknik, etika dan prosedur dalam menangani barang bukti digital.

Manfaat Matakuliah

Dengan mengambil matakuliah Forensik Digital / Digital Forensik, Mahasiswa dapat memahami kosep dasar Forensik Digital, Media barang bukti dan prosedur penanganaan brang bukti digital, Software untuk mengolah dan menganalisa bukti digital, Kriteria barang bukti sah dimata hukum, Menemukan barang bukti digital di media digital, Membuat laporan analisis dan Kode etik investigator.

Rencana Babakan

Mata kuliah ini terdiri dari 16 pertemuan, dimana dari 16 pertemuan tersebut terdapat 14 pertemuan materi dan 2 pertemuan untuk ujian (assessment). Pada pertemuan ke 8 dilaksanakan Ujian Tengah Semester (UTS) yang jadwalnya diatur oleh dosen dan pada pertemuan ke 16 dilaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS) yang juga jadwalnya diatur oleh dosen. Setiap pertemuan mahasiswa diwajibkan membuat laporan dalam bentuk makalah sesuai dengan pokok bahasan pada pertemuan tersebut. Pada akhir semester, mahasiswa wajib menyelsaikan Laporan Akhir Semester membuat sebuah karya ilmiah dalam bentuk makalah mengenai kemananan komputer. Selain itu penilaian juga diambil dari pelaksanaan Quiz dan keaktifan di forum diskusi.


Profile Dosen
Nama : Muhamad Masjun Efendi, M.Kom
Alamat : Aikmel, Lombok Timur-NTB
No.Hp : 081917111151
Email : creativepio@gmail.com