SELAMAT DATANG

KELAS GENETIKA KELAS A

DOSEN PENGAMPU: DR. YUSNAENI, S.Pd., M.Si

                                     IVO BASRI, K, S.SI., M.Pd


VISI

Menjadikan program studi pendidikan biologi sebagai lembaga penghasil guru biologi yang berkualitas, sehingga mampu bersaing pada tingkat regional, nasional maupun Internasional

MISI


1.    Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menyiapkan dan menghasilkan lulusan yang berakhlak, berbudi pekerti, mandiri, inovatif, berdisiplin dan bertanggung jawab, kooperatif dan menguasai Ipteks.
2.    Menyelenggarakan penelitian bagi dosen dan mahasiswa untuk menghasilkan alternatif pemecahan masalah pembelajaran MIPA.
3.    Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat, melalui peningkatan kualitas dan kuantitas peran serta dosen dan mahasiswa pendidikan biologi dalam kehidupan bermasyarakat.
4.    Mengembangkan dan meningkatkan aktualisasi diri dan potensi mahasiswa pendidikan biologi.
5.    Menjalin kerjasama yang berkelanjutan dengan berbagai lembaga dan stakeholders dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan biologi.
6.    Memiliki kepekaan yang tinggi terhadap perkembangan regional, nasional dan global.
7.    Memberikan kontribusi yang maksimal terhadap perkembangan pendidikan khususnya bidang biologi.


TUJUAN

1.    Menghasilkan calon guru biologi yang menguasai bidang ilmu biologi, trampil menguasai berbagai model pembelajaran biologi, baik di kelas, laboratorium dan di lapangan.
2.    Menyiapkan lulusan untuk studi lanjut agar dapat menjadi guru yang berkualitas dan memiliki spesialisasi bidang ilmu.
3.    Membekali lulusan dengan berbagai metode penelitian dalam bidang biologi dan bidang terapannya.
4.    Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana penunjang pendidikan dan pengajaran.
5.    Meningkatkan kualitas dosen.
6.    Mewujudkan kerjasama/kemitraan yang saling menguntungkan.
7.    Meningkatkan manajemen pendidikan.
8.    Meningkatkan relevansi kurikulum

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Genetika merupakan salah satu mata kuliah keahlian dalam program studi pendidikan Biologi. Genetika adalah cabang biologi yang berhubungan dengan pewarisan sifat dan ekspresi sifat-sifat menurun. Seiring berkembanganya zaman, definisi genetika merupakan ilmu yang menganalisis unit keturunan dan perubahan pengaturan dari berbagai fungsi fisiologis yang membentuk karakter organisme. 

Bidang kajian genetika dimulai dari wilayah subselular (molekular) hingga populasi. Secara lebih rinci, genetika berusaha menjelaskan:


Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

Setelah selesai mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan dapat menganalisis konsep-konsep genetika mendel dan perluasannya, genetika populasi dan dasar-dasar genetika molekuler dan terapannya.

Petunjuk Belajar Bagi Mahasiswa

Untuk menyelesaikan mata kuliah ini, disarankan agar anda mempelajari setiap materi secara berurutan dari materi pertama sampai dengan materi terakhir. Belajar dengan menggunakan e-learning ini dituntut kemandirian dan kejujuran anda terhadap diri sendiri. Jadi anda jangan tergesa-gesa menyelesaikan pelajaran tersebut. Jika anda belum menguasai pelajaran tersebut, ulangi kembali bagian-bagian yang belum anda kuasai sesuai dengan yang diharapkan.
Selain membaca materi ini, anda diharapkan juga membaca buku-buku yang relevan seperti yang tercantum pada referensi setiap materi, karena dengan membaca buku-buku tersebut akan membantu anda dalam mengatasi kesulitan yang anda temukan dalam modul.
Mudah-mudahan materi dalam e-learning ini dapat memenuhi harapan penyusun dan benar-benar bermanfaat bagi mahasiswa. Kekurangan, kesalahan tentu ada pada materi ini, maka kritik, saran teguran maupun petunjuk-petunjuk yang menuju ke arah perbaikan akan selalui diterima dengan tangan terbuka, untuk itu penyusun mengucapkan banyak terima kasih.
Akhir kata, pergunakalanlah waktu anda dengan baik untuk belajar agar hasil maksimal dapat anda capai.
Selamat Belajar.