Mata Kuliah ini wajib diikuti oleh oleh seluruh mahasiswa S1 calon guru kimia dan merupakan lanjutan dari mata kuliah pengembangan program pembelajaran kimia. Adapun tujuan dari perkuliahan ini adalah untuk membantu mahasiswa calon guru kimia agar dapat memahami makna evaluasi dan pengukuran hasil belajar kimia, dapat menggambarkan arti dan fungsi evaluasi pendidikan kimia, dapat membuat dan menggunakan berbagai jenis non tes dan tes (diagnostic, formatif, dan sumatif), dapat melakukan uji coba, menganalisis dan merevisi butir instrument penilaian afektif, psikomotor dan kognitif dalam bidang ilmu kimia, menafsirkan hasil non tes dan tes, serta dapat menyusun butir soal berdasarkan pendekatan keterampilan proses di SMA dan sekolah kejuruan. Isi perkuliahan mencakup: materi antara lain pengantar evaluasi pendidikan, pengukuran, evaluasi dan penilaian, penyusunan instrument penilaian afektif, psikomotor, dan kognitif, serta analisis dan tafsiran butir soal non tes dan tes, dimana setiap selesai mendiskusikan setiap materi diikuti dengan latihan. Pelaksanaan perkuliahan dilaksanakan dengan model pembelajaran yang bervariasi berupa kuliah, latihan dan penyajian makalah kelompok dari hasil reviu bahan bacaan yang sesuai dengan tugas yang diberikan disertai dengan diskusi dan tanya jawab. Untuk mengukur taraf pengusaan mahasiswa mengenai materi perkuliahan dilaksanakan penilaian tugas rutin (TR), Observasi (Obs), CBR dan CJR, Project, UTS, dan UAS.